Tugas Psikologi Gender

by - 2:34 AM

TUGAS KULIAH ITU SEMUANYA GAMPANG, 
JIKA KITA MENGERJAKANNYA DENGAN CARA ASAL!


IKLAN SAUS DEL MONTE


Apa ini maksudmu del monte? Apakah kau ingin berkata bahwa saking lemahnya wanita, bahkan mereka tidak sanggup membuka tutup botol saus? Lalu hadir produk mu dengan berkata wanita bisa membukanya? Terlalu!
Begini del monte, aku laki-laki, tetapi aku tidak sepertimu yang dengan mudahnya merendahkan mereka. Aku juga tau bahwa desainer iklanmu adalah berjenis kelamin laki-laki. Tolong sampaikan padanya, apakah sanggup dia melahirkan? Cukup satu kekuatan wanita itu saja dia pasti tidak sanggup. Hei dengar, pria adalah salah satu makhluk yang manja, pergi kemanapun, mereka naik burung! Jadi apa yang membuat dirimu yakin bahwa laki-laki lebih hebat dan kuat dibanding wanita? Otot? Coba kau adu panco dengan Vaya Akulova. Aku bahkan sanggup bertaruh bahwa kau tak akan bertahan hingga 3 detik. Kecepatan? Coba kau adu lari dengan FloJo. Ia pelari wanita tercepat di dunia, bahkan ia lebih cepat meninggalkan dunia ini daripada dirimu. Kau kalah!
Tadi adalah contoh tulisan saya yang berusaha membela satu kaum tetapi dengan cara menjelekkan kaum lainnya. Salah satu contoh yang tidak patut ditiru.

SIMBOL PADA TOILET PRIA DAN WANITA

Mengapa pada simbol toilet wanita menggunakan pakaian (rok) sedangkan yang pria tidak menggunakan pakaian apa-apa? Seperti yang kita tahu bahwa jenis kelamin apapun memiliki auratnya sendiri yang wajib ditutupi dengan sebaik mungkin. Wanita memang lebih banyak auratnya, tetapi pria pun punya.
            Disamping itu, hal ini pun akan menjadi masalah jika memang dipermasalahkan. Karena ketika ada wanita yang menggunakan celana hendak masuk toilet dan melihat simbolnya, bisa jadi ia bingung dan mengira bahwa hanya yang menggunakan rok saja yang boleh masuk, sedangkan ia menggenakan celana. Oh, apakah hal tersebut tidak pernah terjadi? Mengapa? Apa dikarenakan di berbagai tempat yang memiliki toilet umum simbolnya selalu seperti itu? Dan semua manusia yang bernyawa mengetahui arti simbol tersebut dengan arti yang saklek? Oh sayang sayang seribu kali sayang, sadar ataupun tidak, hal tersebut menimbulkan stereotipe  di muka bumi ini bahwa rok=wanita, ataupun sebagai penguat pada stereotipe yang telah ada sebelumnya. Yang padahal ada juga pria yang menggunakan rok. Coba tanyakan pada kawanku yang berkebangsaan Skotlandia, ia akan memberimu nilai 100.

DISKRIMINASI DALAM DUNIA KERJA

            Dalam dunia kerja, diskriminasi terhadap kaum wanita masih besar jumlahnya. Diskriminasi yang terjadi disini, seringkali menjadi penghambat akan kodrat wanita sebagai seseorang yang dapat melahirkan, menyusui dan merawat anaknya. Karena ketika wanita mengambil haknya untuk cuti hamil, gaji mereka tidak dibayar penuh. Jadi, terlepas dari segala aspek dan teori, hal ini terlihat seperti bahwa para pekerja wanita tidak dianjurkan untuk memiliki kehidupan lainnya selain dalam lingkungan kerja. Ayolah, ini tentang hubungan manusia dengan manusia lainnya, bukan antara manusia dan mesin.
            Selain itu juga, gaji pekerja wanita pada beberapa bidang pekerjaan lebih kecil dibandingkan dengan pekerja pria, yang padahal jam kerja serta pendidikan mereka sama dan sayangnya masih banyak yang menganggap bahwa kemampuan wanita ada di bawah pria. Tentu berdampak sangat serius, terutama pada pekerja wanita yang berstatus single parent dan masih single. Mereka juga ingin melihat anaknya tumbuh sehat, mereka juga ingin memberangkatkan orangtua nya pergi haji. Jadi, ketika tidak bisa membela, alangkah baiknya jika bersikap adil tanpa memandang bulu sehelaipun.





You May Also Like

0 comments