AKU (Bukan Karya Khairil Anwar) Part VI

by - 9:02 AM

Setelah malam kemarin PERSIB dikalahkan oleh sriwijaya fc, aku tetap mencintainya.
Malam ini tercipta berkat koneksi internet yang cukup cepat, namun erornya komputer sedikit membuat aku harus menggeser meja komputer untuk bisa membenarkannya.Oia, juga dengan snack berwarna kuning dan jus jeruk yang juga berwarna kuning yang entah kenapa rasanya pahit, dan aku yang menceritakan masa kecilku dulu.



Kalau malam minggu, kan aku suka main keluar rumah, nah terus mainnya malah sama anak gede semua, bukan yang seumuran.Umurnya jauh banget, sama yang udah SMA sama yang SMP, sama yang SD juga ada, tapi tetep aja lebih gede, minimal 1 taun lah, aku yang paling kecil.Biasanya si anak gede itu suka udah pacaran, suka telpon-telponan sama pacarnya, nelponnya di telepon umum yang pake koin tapi, jadi suka nongkrong di tempat telepon unum, di depan sekretariat RW.Terus licik, suka gamau rugi, koinnya suka ditaliin pake benang, nanti pas udah mau masuk koinnya, ditarik lagi, jadi nelponnya gratis.
Padahal mah udah pada punya HP, masih aja ngelicikin telepon koin, jadi aja HP nya dipake dengerin lagu.
Aku suka disuruh dengerini lagu itu, siapa sih penyanyinya?yang rambutnya gimbal, orangnya hebat, udah meninggal tapi masih bisa nyanyi di dalem HP, terus nurut, kalau disuruh mulai dia nyanyi, disuruh berhenti juga ikut berhenti, tinggal mencet tombol play atau stop doang.Oia, Bob Marley, tau gak?
Aku suk dengerinnya, enakeun, santai we nyanyinya teh, menikmati sekali.nanya deh itu aliran musik apa, kan baru pertama denger yang gitu.
Terus kata mereka itu namanya 'reggae'. yess! jadi aja tau, jadi aja kalau disekolah disuruh nulis my biodata sama temen, pas musik kesukaan aku tulisnya reggae terus.Jadi berasa hebat, dikit.
Suka pada ngeroko juga, aku juga suka diajarin ngeroko ih, padahal masih SD, jail-jail semua.Untung awalnya gak mau, tapi kesana-kesananya ya penasaran juga, nyobain deh hahahah.


Kalau siang-siang atau sore juga bisa, suka pada siap-siap dirumah si Boim yang dulunya dipanggil ade oyon itu buat berangkat ke rumah si a Abuy, naik speda.Agak jauh dari rumah padahal, harus lewat rumah hantu dulu.itu, tau gak ada rumah hantu yang di Antapani, rumah gede yang gak ada penghuniinya, terus ada patung burung garuda di atas rumahnya.Katanya itu dulu rumahnya punya penganten baru, terus meninggal secara misterius, jadi gentayangan deh.Aku juga ikut-ikutan takut aja lah, biar yang ngarang ceritanya seneng, kan nyangkanya udah berhasil nipu semua orang.
Kerumah si a Abuy mau apa sih?mau itu, mau ngadu japati, japati itu burung merpati, suka diadu sama orang lain, tapi ngga kaya adu domba, adu japati mah diadu pacepet-cepet terbang burungnya.Yang paling cepet menang hadiah, kan itu turnamen.
Si a Abuy punya anak kecil, namanya si Galang, lucu pisan, suka main sama anak-anak.
Terus ada juga tetangganya si a Abuy, namanya si Koye, diamah tukang adu ayam, ayamnya banyak.
Tapi si Koye juga suka ikut ngadu japati, waktu itu juga aku sama yang lain diajak sama si Koye buat nerbangin burung, pas udah nerbangin, taunya si Koye malah masuk ke kebun mentimun, gatau punya siapa.Diem we duduk, sambil makan mentimun, jadi kaya si kancil.
Aku bilang sama si Koye "heh, maling", "ssshh, cicing, tong gandeng, kadarieu", sambil ngasih mentimun, ah yaudah aja dimakan.hahahah
Pada diem dulu aja sambil makan timun.
Disini juga suka pada ngeroko, tenang, kan jauh dari rumah, gak akan ketauan sama mamah.Rokoknya ngga beli, itumah punya si ade oyon, ngambil dari warungnya sendiri.
Akumah ga ngeroko kaya yang lain, paling cuma satu sedot doang, minta ke yang lain.


Pas SD mah, kalau sekolah pagi suka pengen buru-buru pulang, soalnya di deket rumah suka ada tukang kuda.Pengen naik kuda kebut-kebutan kaya yang balapan di arcamanik.
Biasanya tukang kudanya ada 2, yang satu nama kudanya si AW, yang satu lagi si Bentang.
Akumah sukanya naik si AW, kudanya gede, cepet larinya.Kalau si Bentang mah, kecil, kaya makibao, tapi warnanya item.Ah, ga enakeun naiknya.
Harganya satu keliling Rp 250.Akumah suka gamau dituntun si emangnya, pengen sendirian, biar bisa kebut-kebutan.
Tapi kalau sendirian suka takut juga, soalnya ada anak RW sebelah yang pas naik kuda sendirian, eeh kudanya gak nurut, malah dibawa kabur deh, ke jalan raya.Jadi aja si emangnya riweuh lari-lari ngejar kuda.
Aku sama temen-temen ngikutin lari-lari di belakang, pengen tau perkembangannya biar bisa cerita ke mamah.Atau selain naik si AW, suka naik delman, kalau naik delman mah agak mahal, tapi muternya jauh.
Si tukang Delamannya namanya si Abun, tapi banyak gaya, kudanya dikasih nama si Robert.Katanya kuda punya diamah bule.Padahal mentang-mentang warnanya putih aja itumah.
Si Abun mah kaya orang gila, kalau pas dijalan suka nyanyi-nyanyi sendiri, teriak kenceng banget nyanyinya, jadi suka diliatin orang-orang dijalan.
Mana nyanyinya pake bahasa jorok, ngajarin anak-anak yang gak bener si Abun mah.
Setiap lewat polisi tidur, si Abun suka ngomong "Bondon dualiiiii....." terus nyuruh anak-anak yang naik nerusin "....maaaaa", atau "itilupuluhtillll...", diterusin juga gini "......luuuu".
Ih, jorok, tapi dulumah gatau artinya apa, jadi seneng aja nyanyi bareng si Abun.Yiiiihaaaa

You May Also Like

0 comments