Long live Bob Marley!

by - 10:55 AM

Ini adalah harinya, yang ditandai dengan simbol 6 di bulan kedua kalender masehi. Hari lahirnya seorang pemberontak, tepat 69 tahun yang lalu. Siapa itu yang memberinya nama? Mungkin ayahnya, mungkin ibunya, mungkin kakek atau tetangganya, aku tidak peduli. Dia pemberontak yang bagus, dengan caranya sendiri, dengan karyanya dalam bermusik. Sialnya pemberontak itu sudah membuat aku suka akan karya-karyanya. Dia adalah orangnya yang diberi nama Robert Nesta Marley oleh siapa sungguh aku tidak tau dan dia lebih dikenal dengan nama Bob Marley, oleh siapa dan bagaimana awalnya, juga aku tidak tau. Bahkan aku tidak tau apakah ayah dan ibunya sudah menyadari bahwa anaknya akan melegenda hingga detik ini? 

Ia seorang anak manusia dari tanah Jamaika yang meninggal di negeri orang setelah beberapa waktu mengidap penyakit kanker. Rambutnya gimbal, ia menyebut bahwa rambutnya adalah simbolisasi takwa, manusia yang telah memutus dirinya dari berbagai nafsu. Tapi ketika berada di rumah sakit saat ia dirawat, rambut kesayangannya harus dipotong habis. Ia bangun, melihat kepalanya lalu sedih, dan berkata pada istrinya "mengapa kau potong rambutku? Ini bukan diriku". Lalu? Apa yang terjadi? Ya aku tidak tau, aku tidak sedang membuat dokumenter tentang kehidupan dia.

Detik-detik kematiannya, ia berkata pada anaknya "money can't buy you life"

Dia seorang pemberontak kerusuhan dan tindak rasisme yang dilakukan pada orang-orang kulit hitam. Dari lagunya banyak sekali yang mengandung makna akan kehidupan yang lebih baik, perdamaian, persatuan dan keagamaan. 

Me only have one ambition, you know? I only have one thing I really to see happen. I like to see mankind live together; black, white, chinese, everyone; thats all - Bob Marley

Dia berkata demikian saat ia masih hidup. Tapi sayang, kukira ia belum pernah melihat apa yang dikatakannya terjadi di kehidupan ini, karena nyatanya masih banyak juga yang kurang menghargai perbedaan. Ini ingin aku tuliskan beberapa quotes dari Bob Marley yang aku suka.

You just can't live that negative way. Make way for your positive day
 - Bob Marley -

Some people feel the rain, other just get wet 
- Bob Marley -

Who are you to judge the way I live?! I know i'm not perfect and i don't live to be. But before you pointing your fingers, make sure your hands are clean 
- Bob Marley -

Better to die fighting for freedom than be a prisoner all the days of your life
- Bob Marley -

You can fool some people sometimes, but you can't fool all the people all the time
- Bob Marley -

When one door is closed, don't you know? another is open
- Bob Marley -

The truth is, everyone is going to hurt you. You just gotta find the ones worth suffering for
- Bob Marley -

Don't gain the world and lose your soul. Wishdom is better than silver and gold
- Bob Marley -


Ohhh, begitu menginspirasinya orang ini untuk banyak orang lainnya, sungguh. Terutama dari ucapan yang terlontar dari bibir atau lirik lagu yang ia buat sendiri. 

Terimakasih atas apa yang telah kau lakukan pada masanya kau hidup di dunia ini. Walau ketika aku lahir, kau sudah harus berhenti berkarya untuk selama-lamanya. Meninggalkan banyak kenangan berarti yang bisa kunikmati hingga saat ini, mengajarkan aku banyak hal lewat musikmu. Aku tak tau, mungkin orang-orang terdekatmu yang paling sedih dan menginginkan melihat wajahmu walau untuk hanya sekali saja, tapi aku merasakan hal yang sama walau dengan tingkatan yang jauh dibawah mereka.

Happy birthday, King! Long live Bob Marley! 6 Februari 1945 - ∞.

You May Also Like

0 comments