AKU (Bukan Karya Khairil Anwar) Part IX

by - 10:22 PM

Horee aku udah SMP
Tau gak dimana?Nih clue nya, SMP nya ada nomer 7 nya.
Slogannya SMP 7 yes!
GAk tau?ah, yaudah lah dikasih tau aja, nih


Aku diterima di SMP 7, padahal gak tau SMP 7 itu kaya apa, taunya cuma di jalan Ambon aja pokonya,
itu juga kan tau dari kertas passinggrade yang pas mau pendaftaran dikasih sama guru SD.
Pertama ke sekolah baru buat daftar ulang, 
dianterin papah sama mamah, naik motor, dan itu si papah langsung melanggar lalulintas, nerobos jalan yang diperboden, ih jangan ditiru yah.
Pas pertama liat dari luar, langsung mikir, 'ih bagus bangunan sekolahnya, luas terus bersih'
eh pas masuk, taunya bener, kata mama aku aja kaya hotel saking bersihnya.hahaha
Masuk aja, 'oh nanti berarti aku disini ya belajarnya' (sambil celingak-celinguk kanan kiri yang dipadati ruangan kelas yang kosong, karena yang lainnya pada libur kan, belum masuk, masih seminggu lagi.
Papa mama daftar ulangnya di kelas yang nanti dipake aku belajar, ternyata aku kebagian kelas 7E.
Tapi aku gak masuk, takut urusan orang tua, gak enak lah kalau ikut campur.
Jadi nungguin di deket kolam ikan, merenung sambil gak tau mikir apa, pokoknya liatin ikan lagi renang, jagoan, kayanya kalau di tes sama guru olahraga nilainya pasti 9.Tapi untung aku gak kesurupan dengan pikiran yang kosong.
Taunya ada yang nyapa, 'hei' katanya, 'kelas 7E?' dia nanya gitu, aku tadinya mau boong, tapi takut ketauan, jadi aja jujur, aku jawab 'iya'.
Kenalan deh disitu sama dia, ah, sayang, temen pertamaku di SMP laki-laki, namanya Billy, panjangnya Novsyiar Bilghobi sih kalau gak salah nulis, diamah enak, rumahnya sebelah banget SMP 7, tetanggaan, kaya aku sama pak Arba kalau dirumah.
Aku udah langsung diundang ke rumahnya, katanya 'ayo main kerumah, deket'
Tapi aku gak ikut, cuma bilang 'iya kapan-kapan', karena kan papah sama mamah lagi di kelas, nanti bingung nyariin aku, nanti takut mereka kaya anak yang pisah sama ibunya di mall, kasian.hahahhahahahaha kebalik 
Pas papah sama mamah udah beres, langsung kita ber-tiga pulang ke rumah, terus aku dikasih tau harus gimana aja nanti, maksudnya, sekolah pertama hari apa dan jam berapa.


Disuruh masuknya hari senin, bareng sama kakak kelas yang udah naik.
Upacara pertama di SMP, terus disuruh bawa balon, sama kaya semua anak baru, biar nanti dikumpulin, terus diterbangin gara-gara talinya balonnya digunting kepala sekolah.
Seperti yang sedang mengajarkan kepada kami sebagai siswa baru bahwa seperti itulah perbuatan yang mubadzir, sudah dibeli pakai uang, tapi diterbangkan begitu saja.
Seminggu pertama mah gak belajar, ospek dulu.Nggak ospek sih sebenernya, cuma orientasi lingkungan sekolah aja.
Jadi kerjanya keliling-keliling, terus memperkenalkan guru satu-satu ke depan dipanggil sama kepala sekolah, kaya yang lagi absen, terus ada juga demonstrasi extra kulikuler dari kakak kelas.
Banyak macemnya, ada main bola, pramuka, akting, P3K, karate, taekwondo terus lain-lain, banyak.
Membuat aku tidak tertarik ikut salah satunya, karena nggak ada artisnya ah.
Selain itu, kerjaan seminggu pertama mah kaya anak TK, nyanyi hymne terus, disuruh bawa bekel juga buat makan siang.
Tapi nggak kaya anak TK terus sih, ada juga yang pas kaya anak bebek, soalnya kemana-mana barengan semua, deketan, gaboleh jauh, baris, terus guru di depan sebagi pak petani nya.
Pas orientasi, temenku makin banyak, terutama yang sekelas, ada si Irul, Erwin, Betrand, Ikhsan, Adi, Panca, Ipeh, Suhud, Widy, Vina, Lina, Dwi banyak lah pokonya.
Jadi suka ngobrol, pada kenalan terus nanya dari SD mana sama rumahnya dimana, dulumah belum musim ngejekin yang jomblo, jadi nggak ada yang nanya udah punya pacar apa belum.Aku walikelasnya pak Gunawan, yang naik vespa, yang baik bgt, yang pake kacamata, yang ceesnya almarhum pak Teddy, yang satu-satunya guru yang nengok aku pas aku dirawat, yang bisa liat hantu juga!!!!!!!!!!!!!


Terus hari terakhir dibagiin baju seragam SMP nya dari sekolah, wihh bangga banget, pengen cepet-cepet dipake.Tapi ternyata ada dasinya, aduh mana gak bisa masang dasi lagi, jadi minta diajarin ke guru deh, ke pak Tito, nama lengkapnya Itot Tito Sumitra, yang naik mobil carry, yang anak club motor, yang katanya bertato.
Diajarin sampe bisa sama pak Tito.
Semua berjalan lancar, semuanya senang di sekolah baru.Masih malu-malu gitu, biasalah anak baru kan.
Aku juga malu-malu, waktu itu pergi ke wc sendiri, pengen nyobain pipisin sekolah baru, teryata banyak kakak kelas yang lagi di wc, pada bercermin, gak cocok padahal, ada satu orang yang ngeliatin aku, terus ngomong ke temen-temennya 'anak kelas 1 sekarang sipit-sipit ya, banyak yang cina', agak terdengar rasis, tadinya aku mau ngamuk, cuma pas diliat, kakak kelas yang ngomong gitunya juga sipit.
Aneh ih, padahal kan dia lagi bercermin.
Jadi aja aku cuekin, aku nerusin niat awal buat pipisin sekolah baru, dan berhasil, yes.
Tau gak?setiap kumpul semua anak baru, pasti yang ngomong di depannya (biasanya guru) pasti ngomong 'SMP 7???', itu biar kita, siswanya ngejawab 'YES!' bareng bareng, kan emang itu slogannya, artinya Yakin Edukatif dan Sukses.Gitu katanya, gak tau kata siapa.
Padahal harusnya pas guru bilang 'SMP 7???' semuanya pada diem, pura-pura tidur jadi gurunya dicuekin di depan, ngomong sendiri pake toa, terus malu, muaknya pasti merah.
Terus kita ketawain deh bareng-bareng.haha
Tapi nggak euy, gak kompak.
SMP 7??? YES!!!

You May Also Like

0 comments