AKU (Bukan Karya Khairil Anwar) Part V

by - 12:13 PM

Eh?udah agak lama aku gak nerusin cerita ini, pas mau lanjutin lagi, kirain udah SMA, taunya masih SD.
Kaya yang sengaja mau bikin aku capek nerusin.
Tapi gak apa-apa lah.Kan bisa istirahat.

Di SD cimuncang, aku cuma bertahan 1 tahun, padahal rame, udah banyak temen, suka main ucing sumput.
Kelas 2 nya, aku dipindahin ke SD Griba, biar deket sama rumah, jadi gak usah naik motor atau naik angkot ke sekolah, tinggal jalan kaki aja, sendirian lagi.
Soalnya SD Griba mah masih satu RW sama rumah akunya juga, cuma beda RT.
Aku RT 03, pak RT nya pak Tarno waktu itu, kalau pertama ngeliat,
pasti serem, soalnya botak, kumisan, gede lagi badannya, mirip om Indro warkop.
Nah kalau SD di RT 02, pak RT nya pak Martin, asal Padang, rumahnya deket bu Dadang.
iya, papahnya si A Femi.
Eh, tau gak Bu Dadang?pasti nggak, Bu Dadang itu istrinya pak Dadang yang punya warung, suka jadi tempat nongkrong aa aa sama bapak bapak.
Ngopi, ngerokok sama main kartu juga boleh, asal jangan judi.
Warungnya terkenal se-RW 06, karena jadi tempat nongkrong orang-orang, jadi suka dipanggil 'UNPAD',
kayanya biar agak gaya, kalau ada yang nanya "mau kemana nih?" jawabnya "ke UNPAD"
tapi bukan ke universitas padjajaran yang di jatinangor yang kampusnya si menyon.
Padahal ke 'UNPAD' yang UNiversitas PAk Dadang.hahaha iya warungnya pak Dadang, mau nangkring.
Jadi yang nanyanya ketipu deh.
Aku juga suka bilang ke orang-orang, aku kalau udah gede mau kuliah di unpad (universitas pak dadang), jurusan perokokan dan perkopian.Alhamdulillah nggak jadi.
Nah, pas kelas 2 itu aku mulai sekolah di SD Griba, hari pertamanya malu-malu, harus dianterin sama kakak sampai ke dalem kelas, kan belum ada yang kenal.
Tapi siapa yang menyangka?Aku aja nggak nyangka, tahun pertamaku di sana, aku langsung jadi juara umum.Ranking 1 se-sekolahan.Yes!!
Diumumin di depan anak-anak lainnya, dikasih piagam yang sekarang udah ilang.
Tapi initeh aku yang pinter apa murid Gribanya yang ngalah ke anak baru sih?heran.
Kelas 3 sampai kelas 6 nya juga aku ranking terus tapi, kalau gak ke 1 ke 2 atau ke 3.Gak jauh dari itu.
Paling saingannya sama si Bivel sama si Jafar sama si Putri juga.
Keseringan ranking, aku jadi bosen, pas SMP SMA ga ranking deh, males ah, da udah ngerasain ranking, 
biar yang lainnya nyoba juga.
Pas suka ranking, aku dibeliin speda sama mama.Jadi sering main sepeda setiap hari.
Tapi main bola sama ucing-ucingan juga tetep suka main.
Kalau main speda, suka diselipin bekas aqua gelas ke ban belakangnya, jadi pas maju ada suaranya peperepetan, sambil aku berkhayal lagi naik motor, jadi gagah, anak SD naik motor yang knalpotnya berisik.
Kalian juga suka gitu ya dulu?berarti sama.
Suka balapan atau bocengan juga.Tapi mainnya gak boleh jauh-jauh dari rumah kata mamah, apalagi ke jalan raya, paling keliling di RW aja.
Ke sekolah, aku gaboleh bawa speda, takut ilang kaya spedanya si Derian.
Padahal pengen naik speda, dikelas suka kebayang bayang lagi spedahan.
Jadi aja kalau istirahat atau suka disuruh sama bu Guru beli makanan buat si ibu sama guru yang lain ke rumahnya si Agung kakak kelas aku, kan harus naik speda, jadi aku lari dulu pulang bawa speda,
langsung bawa, ga izin dulu soalnya dirumah cuma ada si teteh, itu juga lagi mandi.
Kalau nunggu si teteh beres mandi, bisa keburu lulus SD, suka sambil nyanyi sih mandinya, lama.
Pas pulang lagi ke sekolah, ternyata si teteh udah panik duluan, ke sekolah nyariin aku,
dikiranya speda aku dirumah ilang.haha kasian kebingungan.
Aku dimarahin si teteh deh.
Kalau disuruh sama bu guru beli makanan gitu, seneng, soalnya suka dikasih uang, terus yang lain belum istirahat, aku udah keluar, biar balik laginya cepet sih kalau kata si ibu, padahal aku yakin si ibunya aja yang udah gak kuat nahan laper, nggak sarapan sih.
Biasanya berdua sama si Gilang.
Waktu itu juga pernah sama si Gilang, kan istirahat sekolah, terus ketemu si Dean, adik kelas yang masih kelas 1 lagi sendiri, nunggu dijemput Bu Amar, neneknya si Dean sekaligus Ibunya si Egi temen aku yang dulunya tetangga tapi udah pindah rumah.Aku jadi kasian, takut si Dean diculik jadi pengen nganterin ke rumahnya.
Kalau mau ngambil speda kerumah lagi kaya pas disuruh beli makanan, takut dimarahin lagi, jadi aja minjem speda si Putri.
Speda si Putri mah enakeun, yang warna biru kan?iya joknya ada 2, buat yang diboncengnya jadi sambil duduk.
Naik spedanya ber3, aku yang goes, si Dean di tengah terus si Gilang di belakang.
Pas ditengah perjalanan, kakinya si Dean masuk ke jari-jari, jadi hampr jatoh.
Si Dean nya nangis, kasian katanya sakit.
Jadi aja aku sama si Gilang bujukin si Dean dulu biar nggak nangis, dan berhasil.yes!
Sampe deh ke rumah si Dean, si Dean masuk terus aku sama si Gilang balik lagi deh ke sekolah.
Sambil berasa pahlawan yang sudah menyelamatkan seorang anak yang terpisah dari ibunya di keramaian.
Pas udah parkir speda di sekolah, ketemu si Desi, dia bilang katanya Bu Amar lagi bingung nyariin si Dean, pas diliat bener, bu Amar emang ada, tapi di mukanya gak keliatan bingung, soalnya malah lagi nawar harga kangkung ke si mang sayur.
Yaudah deh aku ceritain ke si Desi kalau si Dean udah aku anterin ke rumahnya tadi berdua sama si Gilang.
Si Desi langsung nyamperin Bu Amar, mau ngasih tau.
Aku takut dimarahin lagi, kan kemaren udah sama si teteh, jadi aja langsung lari ke kelas.
Mudah-mudahan Bu Amar nggak marah lah ya.
Biasanya kalau pulang sekolah, aku main speda sama temen-temen SD ke taman.
Biasa, anak laki-laki, mau manjat-manjat pohon.
Manjat pohon kersen di deket rumah si Ate, ada ayunanya juga.
Dulu mah jaman Ariel belum bikin film sama Cut Tari dan Luna Maya.
Peterpannya juga kayanya masih main di panggung-panggung 17 agustusan, jadi belum kenal, padahal rumah Ariel itu sebelahan sama rumahnya si Ate.
Tamannya masih ada nggak ya?Ah, biasanya ada lahan sedikit juga, sekarang mah suka langsung dijadiin bangunan.
Kalau udah bulan Agustus, biasanya tarka di RW suka mengadakan pertandingan-pertandingan untuk memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia.
Ada tanding voli, sepak bola, bulu tangkis, tenis meja, catur, lomba adzan, cerdas cermat dan lain lain deh, banyak.
Dulu aku masuk timnas RT 03, untuk pertandingan 17 agustusan tingkat RW.
Banyakan, ada si Boim, Aceng, Esa, Abang, Ujan, Apik, Upi, malah RT 03 itu paling aneh, timnas main bola nya ada cewe 1 orang, si Ago.
Beruntung ada si Ago, jadi kalau musuh mau rebut bola dari si Ago suka kagok, takut menyentuh bagian yang bukan-bukan.Jadi kalau dapet bola, oper aja ke si Ago, terus si Ago bawa ke depan terus ditendang, gol deh.
Jadi kepikiran pengen usul biar Persib ada ceweknya 1 orang.
Pertandingannya suka sore-sore, menjelang magrib sampai nanti ada Bah Emen yang sekarang sudah wafat ngelewat.
Semuanya bersaing buat jadi juara, dari RT 01 sampai 06.
Selain timnas sepak bola, aku juga ikut timnas catur beregu.Jadi per-RT regunya 5 orang.2 anak-anak sama 3 dewasa.ngelawan 5 orang dari RT lain.
Anak-anaknya aku sama si Esa.Kalau dewasa mah ada pak Broer, pak Arba sama papah aku.Aduh nurun pisan.RT 03 mah hampir tiap taun juara terus caturnya.
Kan satu RT ngirim 5 orang, nah setiap menang 1 orang, itu poinnya 1.
RT 03 menangnya tipis terus biasanya skornya 3-2,apalagi kalau lawan RT 04, artinya dari ke5 orang yang tanding, cuma 3 orang yang menang dari RT 03, 2 lagi kalah.
pak Broer, pak Arba sama papah aku menang terus, aku aja sama si Esa yang kalah terus hahaha
Susah, lawannya jago.
tapi kan itu pertandingan beregu, yang penting skor akhir, jadi ya tetep juara.
Jadinya aku yang suka naik ke panggung pas pembagian pialanya.hahahah yes!
Kalau di lomba adzan, waktu itu aku kabur, pas dipanggil akunya nggak ada, kan ngumpet, ngga mau ikutan, soalnya trauma, pernah aku mau adzan dzuhur, tiba-tiba aku lupa liriknya.Masya Alloh, bingung, mana di mesjid sendirian, untung dateng si Hilman, jadinya dia deh yang ngulang adzan dari awal, akunya pulang.

You May Also Like

0 comments