AKU (Bukan Karya Khairil Anwar) Part IV

by - 6:44 AM


Lanjut lagi ah, biar keliatan ngga ada kerjaannya

Tuh, kalau malam minggu atau besoknya libur juga tetep suka main di lapang deket mesjid,
lapangnya serbaguna pisan,
bisa dipake main anak-anak, main bola, main voli, main badminton,
dipake menyembelih sapi pas idul adha bahkan dipake nikahan juga bisa.
Ini yang punya ide bikin lapang disitu Subhanallah sekali.
Jadi gini, waktu itu kan besoknya aku libur, main kejar-kejaranlah sama temen-temen di lapang.
Kebetulan besoknya lapangan mau dipake orang buat nikahan, jadi ada tenda kawinan gitu, yang pake tiang-tiang.Nah pas aku lagi main ucing-ucingan, aku dikejar sama 'ucing' nya, si ucing itu larinya cepet pisan, hampr ketangkep, karena takut ketangkep, aku liat ke belakang, iya, ke si ucing, biar tau masih jauh atau ngga, dan pas aku liat kedepan lagi mau lanjut lari dari kejaran si ucing, tak kusangka dan tak kukira, tiang tenda kawinan udh ada di depan mata, gabis ngehindar soalnya kan aku lagi lari cepet.
Terbenturlah mukaku ke tiang sialan yang ada disana itu, sakit pisan, sampai nangis, mana bibir jadi dower,
serasa abis makan belimbingnya bu Joko.hahahahha
Untung temen-temen aku baik semua, dianterin pulang kerumah.
Selain kejeduk tiang kawinan, pernah juga kacugak paku karatan, kacugak teh apa ya?gatau bahasa Indonesianya euy.itu welah, paku nancep ke kaki.Tapi itumah pas istirahat ngaji, lari-lari gak pake sendal, dan kacugak deh, dicabutnya sama a Rifa, guru ngajiku yang pernah edit foto mukanya sendiri jadi pake badan superman, mukanya tetep muka dia, kayanya biar orang pada percaya dia adalah superman yang asli, tapi aku tidak.

Oh... Dan berbicara soal nikahan, waktu itu kakakku mau menikah, aku juga mendengarnya dan ikut-ikutan bantuin persiapan, di pikiran aku kan kalau yang jadi pengantin itu, dikasih amplop berisi uang dari setiap orang yang datang, wow pasti banyak uang, ya jadi aku ingin ikutan menikah, biar banyak uang,
tapi sama mama gak boleh, gatau kenapa, dan mama punya ide,
biar aku kaya pengantin, yaudah aja disunat, disunatlah aku waktu itu, jadi bisa ikutan diem di kursi penganten, salaman sama tamu yang dateng, jadi kaya orang ke-3 antara kakakku sama istrinya.
Karena masih pendek, jadi aja aku berdirinya di atas kursi pengantin, ya sambil terus megangin sarung pas bagian 'burung', maklum, kalau 'burungku' yang baru disunat ke gesek-gesek ke sarung, nanti sakit.
Kalau disunat, enak, suka disuruh berendam di ember gede, pake air anget, biar perbannya cepet pada ngelupas, dan sekalian biar kuat kayaknya, kan kata Pidi baiq juga gini "Kemana lelaki pergi, mereka naik burung", dan alhamdulillah kini burungku kuat mengantarku kesana kemari.
Dan kenapa pula ini jadi membicarakan masalah burung??!!
Beberapa tahun ke depan setelah aku menyamar menjadi pengantin padahal hanya disunat, 
anak kakakku pun lahir, wanita!!!
Anak itu kan sebagai keponakanku, nah dia pun selayaknya memanggilku paman, 
begitu yang kakakku jelaskan padaku.
Tapi aku gak mau, kaya yang udah tua aja dipanggil paman, lagian, bahasa indonesiaan segala,
kaya yang lagi upacara aja.
karena aku tak mau, kakakku memberiku beberapa pilihan untuk anaknya memanggil aku nanti,
pilihannya ada paman, om, emang.
Aku pikir yang paling sunda itu kan emang, tapi masa emang?kaya si empri aja dipanggil emang, tukang dagang serba bisa di SD Griba itu.
Mamaku pun lagi-lagi memneri solusi, bagaimana kalau amang?dan seperti terhipnotis aku setuju begitu saja.
Semuanya juga setuju, gak lupa sambil ketawa-ketawa hahahaha
Akhirnya aku dipanggil amang oleh seluruh keluargaku, karena keseringan, semua tetangga ngikutin manggil amang, dan karena mamaku ketua PKK RW 06 waktu itu, jadi aja semua warga RW manggilnya amang, nama Indra mulai dilupakan.
Sampai sebagian guru juga jadi ada yang ikutan manggil amang, ahh, bikin jadi aku suka lupa nama asli, jadi kalau kenalan ke orang lain, aku memperkenalkan diriku Amang, bukan Indra.
Hingga detik inilah aku terus dipanggil amang.
Wow, tanpa sadar aku menuliskan sejarah nama Amang!! keren! hahaha
Jadi, begitulah kenapa aku dipanggil amang.
Ahh... Dan bagaimana bisa?Ternyata aku terus tumbuh besar!
Tanpa jadi siswa TK, aku langsung SD.Yes!
Aku SD di SD cimuncang, karena mamaku mengajar disana.Aku sempat agak kaget, bertemu teman baru, banyak sekali, banyak wanitanya juga, aku jadi berfikir kalau aku akan menemukan cinta sejatiku disini.Hahahahah bercanda, anak 90an mana tau cinta-cintaan?
Kalau anak sekarang mah mungkin aja, soalnya nontonya sinetron terus, kasian.
Aku sebangkunya sama si Yogi, aduh, bangku agak sempit, si Yogi badannya besar.
Dan entah bagaimana bisa, setiap mendapat nilai, dia nilai 'nol', ini serius, terus setiap ditanya guru seperti ini
"Yogi nilai berapa?", dia selalu jawab menggunakan bahasanya sendiri, seperti ini "enyoi".Hahahah
Aku ketawa terus sama si Yogi.Sekarang dia dimana ya?Pasti udah lupa sama aku.
SD cimuncang itu di daerah jalan Suci, masuk ke gang gitu lah, agak jauh dari rumahku.
Pernah juga aku main kerumah siapa itu dia, aku lupa namanya, rumahnya deket sama sekolah,
kerumah dialah berdua, sambil merencanakan mau main apa nanti di rumahnya.
Pas waktu udah sore, aku harus pulang, mama udah nunggu di sekolah, aku pamit pulang sama mamanya temanku itu, pas jalan beberapa langkah, aduh, aku lupa jalan pulang ke sekolah.Nyasar!Mungkin itu nyasar jalan pertama kali dalam hidupku.
Untung bisa balik lagi dan ketemu rumah temenku tadi, jadi aja disamper lagi, minta anterin lagi ke sekolah.hahaha 
Akhirnya aman, untung belum musim penculikan.



You May Also Like

0 comments